Thursday, June 25, 2009

Hati - Hati dalam membeli Notebook Bekas atau refurbish

Thursday, June 25, 2009
Jika kalian mau membeli notebook, maka berhati-hatilah. Sekarang banyak sekali Notebook/ Laptop Black Market, Paralel Import, Refurbished. Sebelum anda memutuskan untuk membeli Laptop/ Notebook baru, baca dulu penjelasan berikut ini:

Paralel Import, artinya notebook/Laptop yang diimpor oleh badan/toko/perorangan yang bukan ditunjuk sebagai agen atau distributor resmi dari produk yang bersangkutan.

BM singkatan dari Notebook Black Market, artinya adalah notebook yang diimpor tidak mengikuti aturan impor yang semestinya, termasuk aturan perpajakan, bea masuk, dll. Selain itu, importer juga tidak perlu mendirikan jaringan service center yang luas, karena anggapan mereka kalo ada kerusakan, mereka bisa perbaiki sendiri.

Refurbished, artinya adalah produk yang tidak memenuhi standar kualitas pabrik atau cacat produksi yang terlanjur keluar dipasaran, kemudian, dikembalikan ke pabrik. Oleh pabrik notebook tersebut diperbaiki dan bahkan di-rekondisi, bila ada cacat fisiknya. Kemudian notebook tersebut dijual lagi dipasaran dengan harga murah

Yang jelas Notebook PI, BM, Refurbished pasti lebih murah dibandingkan notebook yang bergaransi resmi dari distributor. Dengan harga murah, tentu saja menarik minat konsumen. Penjual pun untung besar dibandingkan jika menjual notebook bergaransi.

Untuk membedakan notebook PI, BM, refurbished dan yang bergaransi resmi caranya mengecek kartu garansinya. apakah dikeluarkan oleh distributor resmi atau tidak. Nomor telepon service centernya pasti tercantum disana, hubungi bila perlu. Beberapa produsen saat ini juga menyediakan registrasi serial number, registrasikan bila memang produsen menyediakan fasilitas tersebut. Notebook bergaransi resmi akan diterima di service center di semua kota, bahkan di seluruh dunia.

Jadi berhati-hatilah bila anda ditawari notebook yang tidak bergaransi resmi karena Anda pasti akan rugi besar setelah itu.

0 comments:

Post a Comment

 
◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates ► Distributed by Blogger Blog Templates;