Saturday, June 13, 2009

Resize Gambar Secara Massal dengan Nautilus di Ubuntu

Saturday, June 13, 2009
Hari ini saya butuh membuat gambar kecil semacam thumbnail, untuk web yang sedang saya kerjakan. Kalau satu.. dua .. gambar sih biasanya pakai GIMP aja, tinggal scale image. Tapi ini, ada ratusan gambar.. kebayang, bisa pegel buka tutup GIMP :) . Untungnya, saya ingat pernah baca di mailing list Ubuntu-ID, tentang meresize gambar secara berjamaah.

Akhirnya setelah search arsip email, saya baca bahwa ada beberapa cara untuk melakukan ini di Ubuntu. Hmm .. untuk saat ini saya coba aja yang kelihatannya paling simple :) , yaitu menggunakan Nautilus (File Browser bawaan Ubuntu).

Adapun angkah-langkahnya adalah sebagai berikut;

1. Terlebih dahulu install Nautilus Image Converter (sudo apt-get install nautilus-image-converter).
2. Buka aja Nautilus (File Browser). — di komputerku (Hardy) jika sebelum instalasi No. 1 kita telah membuka Nautilus, maka Nautilus perlu direstart dulu (nautilus -q; nautilus &), atau logout kemudian login terlebih dahulu untuk melihat hasilnya (hal ini berlaku juga untuk instalasi Nautilus add-ons lainnya, cmiiw)–
3. Setelah masuk ke folder kumpulan gambar yang ingin kita buat thumbnail-nya, select aja semua gambar yang ingin di resize (jika semua, tinggal Select All (Ctrl+A)).
4. Klik kanan dan pilih Resize


5. Setelah itu akan muncul jendela Resize Images, disitu silahkan diatur, “Image Size” dan “Filename”-nya. Dalam kasus saya (dapat dlihat pada gambar di bawah), disini saya ingin thumbnail-nya berukuran 100×69 pixels, dan nama filenya di dapat dengan menambahkan “-small” di belakang nama file gambar aslinya.

6. Taddaaa.. maka di folder tesebut akan muncul file-file thumbnail sesuai dengan yang kita inginkan :) .

sumber : http://subair.wordpress.com/2009/06/08/resize-gambar-secara-massal-dengan-nautilus-di-ubuntu/

0 comments:

Post a Comment

 
◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates ► Distributed by Blogger Blog Templates;